Tujuh generasi BMW Seri 3.

Generasi keempat.

  • Produksi: 1997-2006.
  • Tenaga: 77-265 kW / 105-360 hp.
  • Varian: Sedan, Coupé, Convertible, Touring, Compact, M3 (dalam wujud Coupé dan Convertible).

Itu pada tahun 1997 saat film blockbuster (yang sangat kondang) “Titanic” memecahkan rekor bioskop. Pesan teks menjadi mode komunikasi sehari-hari. Komet Hale-Bopp menggeser fokus dunia ke langit malam.

Tahun 1997 kita juga menyaksikan peluncuran generasi keempat BMW Seri 3.

Sama seperti sebelumnya, versi Sedan adalah model pertama yang dirilis, diikuti oleh versi Coupé, Convertible, Touring, Compact, dan M3.

Untuk pertama kalinya, perbedaan gaya yang signifikan terlihat dalam generasi ini. Model Coupé, Convertible, dan Compact masing-masing memiliki bentuk desain sendiri.

“Rumah Kaca” yang memacu penjualan.

Terutama dengan profilnya, BMW Seri 3 generasi keempat menafsirkan kembali elemen desain sedan BMW.

Desain tiga kotak dipertahankan dengan penggambaran yang jelas antara kap, kompartemen penumpang, dan bagasi. Namun, seluruh “rumah kaca”-nya: kaca depan, kaca belakang, dan jendela samping; pilar yang memisahkannya; serta atap mobil dirancang ulang.

Dilihat dari samping, profil atapnya diberi lekukan yang lebih jelas lagi. Ini menciptakan ruang kepala lebih besar bagi penumpang di belakang.

Perubahan desain baru itu ternyata mendulang sukses: Dengan 3.266.885 unit terjual, generasi keempat dari BMW Seri 3 adalah model BMW terlaris sepanjang masa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *